Integrated Smart and Green Building

Inisiasi kerjasama GBCI dan GPN dengan UGM oleh Insgreeb

Inisiasi kerjasama GBCI dan GPN dengan UGM oleh Insgreeb

Keunggulan UGM memiliki disiplin ilmu yang lengkap mampu mendukung dan mencarikan solusi dari masalah sciences, engineering, kedokteran, politik, social, hukum dan lain-lainnya dengan didukung laboratorium/tempat pengujian. Pengembangan bidang keilmuan Teknik Fisika salah satunya berkaitan dengan upaya untuk mencapai NZEB (Net Zero-Energy Building) dalam bangunan penerapan Passive Design. Konsekuensi penggunaan Building Performance Modelling software menjadi persyaratan mutlak untuk mendapatkan solusi yang optimum dalam waktu yang lebih singkat. Tahun 2020 INSGREEB mendapatkan kesempatan terlibat untuk melakukan inisiasi kerjasama antara GBCI  (Green Building Council Indonesia),  GBPN(Global Building Performance Network), dan UGM.

Adapun poin-poin yang menjadi pokok bahasan dalam kegiatan kolaborasi tersebut meliputi:

  • Penerapan konsep Passive Design yang didukung oleh data empiris dan design guideline untuk memudahkan industri dalam mengaplikasikan desain banguan baru menuju nZEB.
  • Greenship Rating Tool GBCI perlu mendapatkan dukungan ilmiah pada tahap validasi sehingga tahap demi tahap standardnya dapat ditingkatkan menjadi lebih ketat untuk bangunan baru dan NZEB dapat tercapai pada tahun 2050.
  • Evaluasi nilai-nilai yang terdapat dalam Standard Nasional Indonesia (SNI) perlu didukung dengan justifikasi yang diterima dalam industri.
  • Menerapkan Energy Efficiency dengan mengacu pada standar baku ASHRAE (US standard) dalam mendesain suatu bangunan baru.
  • Permasalahan benchmarking data desain dan kalibrasi instrument.

Categories: Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.