Peran INSGREEB Membawa UGM Sebagai The 6th Most Sustainable University in Indonesia pada UI Greenmetric World University Rankings 2018

Peran INSGREEB Membawa UGM Sebagai The 6th Most Sustainable University in Indonesia pada UI Greenmetric World University Rankings 2018

UI Greenmetric World University Rankings merupakan salah satu bentuk penilaian kampus berkelanjutan yang digagas oleh Universitas Indonesia sejak tahun 2010. Tujuan dari penilaian ini ada untuk melihat program dan kebijakan berkelanjutan pada universitas tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Keikutsertaan sebuah universitas pada ajang ini akan mendapatkan sejumlah manfaat berupa internasionalisasi, pengakuan, jejaring, serta meningkatkan kesadaran tentang permasalahan keberlanjutan. Hingga tahun 2017, sebanyak 619 universitas dari seluruh dunia sudah turut berpartisipasi. Pada tahun 2018, Universitas Gadjah Mada (UGM) ikut ambil bagian dan memberikan mandat kepada Insgreeb untuk mengawal dari proses pengumpulan data hingga submit akhir.

Sentagi Sesotya Utami, Ph.D selaku koordinator Insgreeb membentuk tim inti yang terdiri dari lima orang asisten Insgreeb yang dipimpin oleh Randy Frans Fela untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang didapat. Untuk mempercepat proses pengumpulan data, sepuluh surveyor dikerahkan ke bangunan-bangunan yang dijadikan sampel dengan jumlah total 30 gedung yang terdiri dari gedung perkuliahan, pusat studi, dan fasilitas kampus seperti perpustakaan, masjid, dan auditorium. Tiap gedung dinilai dari 6 kategori penilaian meliputi infrastruktur, energi, pengelolaan sampah, penggunaan air, transportasi, dan edukasi.

Dari keenam kategori tersebut, UGM menempati posisi pertama se-Indonesia untuk kategori pengelolaan sampah. Hal ini terbukti dengan adanya alur pengelolaan dan pengolahan sampah yang sudah jelas serta penggunaan teknologi incinerator oleh PIAT (Pusat Inovasi Agro-Technology). Secara keseluruhan, UGM mendapatkan peringkat 6 untuk tingkat nasional, peringkat 24 untuk tingkat asia, dan peringkat 91 untuk tingkat dunia dari 719 universitas yang berpartisipasi. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri karena UGM baru pertama kali mengikuti UI Greenmetric World University Rankings. Penghargaan diberikan pada Rabu (19/12/2018) di Balai Sidang Kampus UI Depok yang turut dihadiri oleh Sentagi Sesotya Utami dan Randy Frans Fela.

Info berita lainnya:

https://ugm.ac.id/id/berita/17542-pengolahan.limbah.ugm.terbaik.di.indonesia

http://ft.ugm.ac.id/insgreeb-ft-ugm-mengantarkan-ugm-meraih-ui-greenmetric-awards-2018/

Categories: Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.